Number 2 journey (4)

by - 23:16


Akhirnya tiba dimana trimester tiga masa kehamilan kedua ini. Gw sengaja ambil cuti 1 bulan sebelum lahiran, buat nyiapin mental dan juga mau menikmati hari-hari sama una full time sebelum dy ngerasa perhatiannya terbagi.

Rencana mau lahiran pake bpjs hanyalah rencana. Sulit sekali prosedurnya. Dari faskes 1 dilempar ke tipe C, terus ke tipe B, malah di lambung jauh lg ke tipe A. Udah sampe di tipe A malah di tolak katanya .... harusnya tipe B bisa nanganin klo indikasinya cuma masalah obesitas. 

Galau lah gw, karna gw tipe orang yg gak selow klo ada masalah, panikan dan cuma bisa nangis terus marah-marah. Bye bpjs ... nampaknya harus mengikhlaskan uang tabungan buat biaya persalinan karena asuransi kantor suami cuma cover 1/3 nya dari biaya semuanya.

Gak sampe situ aja drama nya, ternyata dokter yg gw pilih untuk nanganin persalinan nantinya, minta gw buat rekam jantung dulu. Padahal gw gak pernah ada masalah sama jantung. Eiya, seminggu sebelum persalinan juga gw kena preklamsi ringan. Banyak ya drama nya.

Setelah rekam jantung, gw ga dikasih tau hasilnya. Cuma dokter bilang, untuk antisipasi, setelah operasi ... gw harus masuk HCU, mirip2 ICU cuma di bawahnya. Takut pendarahan katanya sih ... ya aduh serem dong. Tensi gw makin ga selow, jd gw nginep 1 hari sebelum operasi buat dipantau terus kondisinya.

Oh ... i swear semoga ini persalinan terakhir yg harus gw hadapi. Tuhan, 2 anak cukup kan, semoga anak-anak ku diberikan kesehatan terus. Aamiin 

Show must go on, tiba juga gw di geret ke ruang operasi, kateter on, selang oksigen on, tensi on, sekarang muncul lah dokter anestesi buat ekesekusi. “Dok .... belum kebas, tunggu ya dok” “iya bu ... kita ga akan mulai klo belum jalan bius nya” eh ini bener loh disuntik bius nya ga mempan. Kenapa ini? Kenapa? Akhirnya disuntik lagi yg kedua baru kebas. “Kita mulai ya bu”

Masih gw inget semua rangkaian operasi, lebih jelas dari operasi yg pertama. Kali ini beruntung, tim nya baik2, dari suster dan dokter kandungan yg gw pilih pun bikin nyaman. Usap2 tangan gw dulu sebelum gw di bius, bikin gw tenang dulu, begitu pun suster2 nya. 

Sepanjang operasi berjalan, gw minta dokter anetesi ga jauh2 dari gw “dok, tanya2 terus tentang aku ya” “iya buu ... ibu rumahnya dimana? Kerja bu? Bla bla bla” samar2 dokter kandungan minta vakum tapi gajd, terakhir, ayo dorong sus. Aduh di apain perut gw ini .... “gede dong ini” kata si suster. Gw dengan polosnya nanya dong “dokter kenapa?” Eh malah di omelin suster “ibu tenang aja, jangan panggil2 dokter dulu” lah jadi ngerasa salah gw.

Alhamdulilah, operasi selesai. Anak gw lahir dengan selamat tapi gabs lansung imd karena harus masuk HCU. 24jam di ruang HCU kok horor banget, ada yg teriak2 kesakitan, bunyi suara mesin gtu. 

Selesai sudah masa pemulihan di ruang HCU, yg dokter takutkan ga terjadi. Makasih ya allah, kondisi gw stabil. 
“Dok, kok ga sakit ya abis operasi”
“iya, dokter kasih yg bagus obatnya” 
“Dokter keren banget sih, aku ga sakit sama sekali. Cuma pusing aja pas bius ilang”

Gw gatau ini obatnya yg bagus apa dokternya yg hebat. Beda banget sama operasi yg pertama, post sc gw down banget karena sakit minta ampun.

Thanks dr handy intan, jaitan juga cepet banget keringnya. Mantaaaaapppp, ga salah gw nguras tabungan pribadi, hehe moga ada terus rejeki nya ya kita, nak

You May Also Like

2 comments