Kartu kredit, perlukah?

by - 11:38



Kartu kredit atau yang biasa gw dan suami sebut kartu sakti, emang berguna banget disaat tanggal tua, belanja online di marketplace, ataupun cicilan untuk beli gadget impian. Kartu kredit memanjakan gw banget dengan sekali gesek, barang yg diinginkan sudah di tangan, manalagi sekarang untuk bikin kartu kredit itu gampang banget gak harus repot ke bank, ajuin, nunggu approval, dll tiap hari aja dari berbagai bank nelponin mulu buat nawarin kartu kredit dengan limit yg berkali-kali lipat dari gaji gw, nah loh gimana bisa begitu dah?

Awal gw punya kartu kredit itu BCA waktu kerja di kantor lama, bikinnya gampang banget temennya temen gw itu cuma minta fotoin KTP via WhatsApp, beberapa hari kemudian bagian verifikasi nelpon buat nanya2, terus nelpon kantor buat nyamain data, taraaaa ga sampai sebulan kartu kredit udah dikirim ke kantor, easy right?

Kedua gw punya Citibank dengan limit yang lebih tinggi dari sebelumnya, proses dapetinnya juga gampang banget! Waktu itu salesnya dateng langsung ke kantor, cuma minta ID card sama KTP ditambah dapet free voucher haagen dasz, nah loh kan bikin pengen ngajuin xixixi, mana ada hadiah koper lagi klo udah di pake buat transaksi kartunya, makin mengiurkan banget yew! 

Tapi ...... gw takut lama kelamaan semakin nyaman pake kartu kredit, bukan nyaman sih, lebih tepatnya gw jadi sering beli barang yang gak penting. Akhirnya dengan berbagai penuh pertimbangan, insha Allah gak bakal nyesel nutup salah satu kartu kreditnya, takut tiap bulan gaji gw juga buat bayar cicilan 😭

Sebenernya, penggunaan kartu kredit yang bijak itu ya buat pegangan, klo amit-amit sakit terus lagi gak ada tabungan, kan bisa gesek si kartu sakti itu, eh tapi cicilannya malah bikin tambah sakit ya 😷 Menurut gw, jangan gunakan kartu kredit buat beli makanan karena ya rugi aja, bulan depan itu makanan kan udah gak ada, heuuu. Jadi, lebih baik buat nyicil perabot rumah gituuuu buibuk atau beli tiket promo buat liburan biar menjaga kewarasan hidup.

Usahain juga, kalo non cicilan, bayar lunas dibulan berikutnya biar gak numpuk tagihannya takutnya malah sampai gadai rumah buat bayarnya, berasa loh bunga nya 🙈

You May Also Like

0 comments